Contoh Soal Try Out USBN Bahasa Indonesia SD/MI Terbaru 2018/2019
Kumpulan Soal Latihan | Soal Try Out USBN Bahasa Indonesia SD/MI Terbaru 2018/2019 - Halo sahabat portalunbk.com dimana saja berada, bagaimana kabarnya? mudah2an sehat selalu ya. Pada kesempatan kali ini portalunbk akan membagikan Soal Try Out USBN Bahasa Indonesia SD/MI. Karena sebentar lagi adik adik akan memasuki ujian yang sesungguhnya yaitu ujian nasional 2019. Nah admin juga telah membuat tips menghadapi ujian nasional 2019 dan telah menyiapkan beberapa soal untuk ujian nasional. Semoga dengan soal Bahasa Indonesia ini bisa membatu para guru dalam mencetak generasi muda yang berkwalitas. Selalu semangat.
Kumpulan Soal Latihan | Soal Try Out USBN Bahasa Indonesia SD/MI Terbaru 2018/2019 - Nah Bagi para adik adik yang ingin mencari refrensi tentang soal Contoh Soal Try Out USBN Bahasa Indonesia SD/MI Terbaru. Disini boleh adek adek nikmati. Jangan lupa pantau terus artikel portalunbk.com Insya Allah akan update setiap harinya. Dengan Soal Soal Try Out USBN Bahasa Indonesia SD/MI ini diharapkan bisa membatu para guru dan adik adik dalam mencari refrensi. Semoga Bermanfaat.
Contoh Soal Try Out USBN Bahasa Indonesia SD/MI Terbaru 2018/2019 |
Kumpulan Soal Latihan | Soal Try Out USBN Bahasa Indonesia SD/MI Terbaru 2018/2019 - Nah Bagi para adik adik yang ingin mencari refrensi tentang soal Contoh Soal Try Out USBN Bahasa Indonesia SD/MI Terbaru. Disini boleh adek adek nikmati. Jangan lupa pantau terus artikel portalunbk.com Insya Allah akan update setiap harinya. Dengan Soal Soal Try Out USBN Bahasa Indonesia SD/MI ini diharapkan bisa membatu para guru dan adik adik dalam mencari refrensi. Semoga Bermanfaat.
Baca Juga yang Sejenis
Berikut ini Contoh Soal Try Out USBN Bahasa Indonesia SD/MI Terbaru bisa di unduh dengan GRATIS di bawah ini :
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !
Teks bacaan untuk soal nomor 1—5.
Bahaya Zat Pewarna pada Makanan
Rhodamin B dan Metanil Yellow adalah pewarna buatan. Sebenarnya itu bukan pewarna makanan tetapi pewarna kain dan kertas. Sayangnya, banyak pengusaha makanan yang nakal. Meraka menggunakan kedua pewarna itu untuk makanan. Alasan pertama karena harga pewarna tersebut jauh lebih murah dibandingkan pewarna makanan. Alasan kedua pewarna ini bisa membuat warna merah dan kuning menyala dan menggugah selera.
Pewarna alami tidak bisa membuat warna jadi sangat menyala. Coba perhatikan, kerupuk, es sirup, manisan, permen, dan kue-kue di sekitarmu. Kalau warnanya sangat terang dan harganya murah, kita perlu hati-hati. Kemungkinan besar makanan itu mengandung pewarna berbahaya. O ya, rasa makanan dengan pewarna itu biasanya agak pahit.
Apakah kamu tahu bahaya di balik warna-warni makanan itu? Pewarna kain dan kertas tidak bisa dicerna tubuh kita. Semakin sering kita makan, zat beracunnya makin banyak. Akibatnya mulai dari gangguan hati, keracunan, iritasi paru-paru, iritasi mata, tenggorokan, hidung, usus, bahkan kanker.
(Dikutip dengan perubahan dari majalah Kreatif No. 08/2007)
1. Apa ciri pewarna makanan alami?
A. Makanan dengan pewarna alami biasanya agak pahit.
B. Harga pewarna alami jauh lebih murah dari pewarna kain.
C. Pewarna alami tidak bisa membuat warna jadi sangat menyala.
D. Pewarna makanan tidak bisa dicerna tubuh kita
2. Mengapa kita perlu berhati-hati terhadap jajanan berwarna sangat terang dan harganya murah?
A. Kemungkinan besar makanan itu menggunakan pewarna alami.
B. Rasa makanan yang warnanya sangat terang biasanya agak pahit.
C. Kemungkinan besar makanan itu mengandung pewarna berbahaya.
D. Makanan tersebut dapat menyebabkan gangguan hati dan keracunan.
3. Kalimat tanya yang sesuai dengan paragraf pertama adalah ...
A. Bagaimana cara menggunakan pewarna buatan?
B. Bagaimana cara membuat pewarna buatan?
C. Mengapa harga pewarna buatan lebih murah?
D. Mengapa banyak pengusaha makanan yang nakal?
4. Ide pokok dari paragraf ketiga adalah . . .
A. Pewarna kain dan kertas tidak bisa dicerna tubuh kita.
B. Sering makan mengakibatkan gangguan kesehatan.
C. Bahaya di balik zat pewarna makanan bagi kesehatan.
D. Banyak makanan yang mengandung zat beracun.
5. Kalimat yang sesuai dengan paragraf kedua adalah . . .
A. Jajanan di sekitar kita mengandung pewarna berbahaya .
B. Pewarna alami banyak digunakan pada es sirup dan permen.
C. Kita perlu pilih-pilih terhadap jajanan di sekitar kita.
D. Rasa makanan dengan pewarna alami biasanya agak pahit.
Perhatikan!
6. Berdasarkan gambar tersebut, aturan minum obat untuk anak berusia empat tahun adalah . . . .
A. 2 X 1 sedok teh
B. 2 X 2 sedok the
C. 2 X 1 sendok makan
D. 2 X 2 sendok makan
7. Perhatikan penggunaan produk di bawah ini
1. Tancapkan steker blender ke stopkontak.
2. Tekan tombol off jika semua bahan sudah halus.
3. Masukkan bahan-bahan yang akan dihaluskan ke dalam blender.
4. Tutup rapat blender dan tekan tombol on.
5. Tunggu hingga semua bahan menjadi halus
Urutan petunjuk penggunaan blender yang tepat adalah ....
A. 1 – 3 – 4 – 5 – 2
B. 1 – 4 – 3 – 5 – 2
C. 3 – 1 – 2 – 5 – 4
D. 3 – 1 – 5 – 4 – 1
8. Perhatikan rubrik berikut!
Saya adalah mantan pasien Rumah Sakit Sehat Jasmani. Saya ingin memberi masukan kepada petugas bagian pendaftaran di rumah sakit tersebut. Hendaknya petugas bersikap lebih ramah kepada pasien. Jika tidak bisa memberikan pelayanan yang baik, lebih baik Rumah Sakit Sehat Jasmani ditutup saja!
Kalimat saran untuk surat pembaca di atas adalah....
A. Sebaiknya surat pembaca seperti itu tidak perlu dipublikasikan saja sebab tidakbaik!
B. Sebaiknya dalam surat pembaca tersebut dicantumkan rumah sakit itu berada di wilayah mana.
C. Urusan rumah sakit menjadi tanggung jawab pemerintah jadi kita tidak perlu menulis surat pembaca.
D. Keburukan rumah sakit tersebut belum tentu benar oleh sebab itu jangan diberitakan!
9. Pengumuman
Dalam rangka memeringati Hari Lingkungan Hidup, SD Insan Mutiara akan mengadakan penghijauan. Semua siswa diharapkan membawa sebuah tanaman untuk ditanam di lereng yang gundul. Penghijauan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Maret 2012.
Isi pengumuman di atas adalah...
A. Penghijauan yang akan dilaksanakan di lereng gundul pada hari Sabtu, 15 Maret 2012.
B. Penghijauan yang dilaksanakan di lereng gundul dalam rangka Hari Lingkungan Hidup.
C. Dalam rangkan memperingati Hari Lingkungan Hidup, SD Insan Mutiara akan mengadakan penghijauan.
D. Peringatan Hari Lingkungan Hidup dengan membawa sebuah tanaman untuk penghijauan
Untuk soal nomor 10-12
Bapak : (duduk di teras rumah) “Selamat ya, Dan, kamu juara bulu tangkis.”
Dani : “Terima kasih, Pak.”
Paman : “Di mana dia berlatih? Di balai RW?”
Fani : “Bukan, Om. Kak Dani sering berlatih di lapangan kelurahan.”
Dani : “Ini karena latihan keras.”
Bapak : “Ya, benar!”
10. Tokoh utama pada teks drama di atas adalah....
A. Fani
B. Paman
C. Bapak
D. Dani
11. Latar teks drama di atas adalah....
A. lapangan kelurahan
B. teras rumah
C. balai RW
D. sekolah
12. Amanat drama di atas adalah....
A. Keberhasilan dapat diraih dengan kerja keras.
B. Menjadi juara satu adalah harapan semua orang.
C. Berlatih bulu tangkis lebih baik dilakukan di sekolah.
D. Anak yang berhasil, harus diberi ucapan selamat.
13. Hari ini Siwi tampak murung. Senyum yang semestinya mengembang dari kedua bibirnya tidak tampak. Hatinya begitu gundah. Ia memikirkan ibunya yang terbaring sakit.
Kalimat utama paragraf di atas adalah ...
A. Anak manis ini sedang dirundung kesedihan.
B. Hatinya gundah karena memikirkan ibunya yang sedang sakit.
C. Senyum yang semestinya mengembang dari kedua bibirnya pun tak ada.
D. Hari ini Siwi tampak murung
14. Perhatikan percakapan berikut!
Ayah : “Sudah dengar Pak Anton sakit, Bu?”
Ibu : “Belum, Pak. Sakit apa?”
Ayah : “Katanya sih demam berdarah, Bu.”
Ibu : “Kasihan, kapan kita bisa menengoknya?”
Isi percakapan di atas adalah ....
A. Ibu belum mendengar kalau Pak Anton sakit
B. Pak Anton menungggu kedatangan Ibu
C. kabar tentang Pak Anton sakit
D. ajakan ayah untuk menengok Pak Anton
15. Untuk soal nomor 15 – 17
Aku segera berlari pulang. Kulihat jam dinding di rumahku menunjukkan pukul 17.30. Ternyata hari sudah sore, sebentar lagi matahari segera menyembunyikan diri ke peraduan. Aku bergegas ke kamar mandi. Air yang dingin segera menyegarkan tubuhku yang kegerahan setelah bermain sepak bola.
Kalimat yang maknanya sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ...
A. Sore itu badanku kotor berkeringat.
B. Aku sangat rajin menjaga kebersihan diri.
C. Matahari pada siang hari terasa panas.
D. Kamar mandiku luas dan sangat bersih.
16. Makna kata bergegas dalam paragraf di atas adalah...
A. cepat mencari
B. segera berlari
C. segera meninggalkan
D. bergerak menuju
17. Antonim kata puas dalam paragraf tersebut adalah ...
A. gembira
B. bosan
C. ceria
D. sinis
18. Naning, anak baru di kelasku itu mulai menyebalkan. Bagaimana tidak! Ia selalu mengobral kata ke sana ke mari. Ia selalu menceritakan tentang dirinya yang selalu jadi juara di sekolahnya. Padahal semuanya tidak terbukti. Bahkan lima kali ulangan pada minggu ini, nilainya semua di bawah lima. Prestasi yang benar-benar buruk bagi kami.
A. Sepandai-pandai tupai melompat akhirnya jatuh juga.
B. Bagai pungguk merindukan bulan.
C. Bagai telur di ujung tanduk.
D. Tong kosong nyaring bunyinya.
19. Diana banyak teman. Dia supel dan suka membantu. Dengan senang hati dia membantu teman yang membutuhkan. Bahkan tanpa diminta pun, ia sering membantu orang lain.
Ungkapan yang sesuai dengan sikap Diana yaitu ...
A. kaki tangan
B. tangan hampa
C. ringan tangan
D. tangan panjang
20. Bunga melati semerbak wangi,
mekar berseri di dalam taman.
Hilangkan congkak dan iri hati
banyak teman hidup pun nyaman.
Amanat yang terkandung dalam pantun tersebut ialah....
A. Hindarkan kita dari rasa congkak dan iri hati agar dipuji banyak teman
B. Anak yang congkak dan iri hati,hidupnya nyaman serta banyak teman
C. Jangan iri hati terhadap teman yang hidupnya nyaman dan banyak teman
D. Jangan congkak dan iri hati agar hidup nyaman dan banyak teman
21. Teks 1
Manusia beraktivitas membutuhkan energi. Untuk mendapatkan energi, manusia harus makan makanan yang bergizi. Makanan bergizi juga bermanfaat bagi pertumbuhan, kecerdasan otak, dan menjaga ketahanan tubuh manusia.
Teks 2
Tumbuhan membutuhkan makanan untuk berkembang, bertumbuh, dan mempertahankan hidupnya. Tumbuhan memperoleh makanan dari tanah yang diserap oleh akar. Tumbuhan akan layu atau mati bila tidak memperoleh makanan.
Persaman kedua teks bacaan tersebut ialah...
A. makhluk hidup membutuhkan makanan
B. gizi makanan sangat diperlukan manusia
C. manusia dan tumbuhan adalah sama
D. semua makhluk hidup akan mati
Untuk soal nomor 22 dan 23
Jadwal Perjalanan Kereta Api
22. Pernyataan yang sesuai dengan jadwal perjalanan kereta api tersebut ialah…
A. Kereta Api Bima berangkat dari Stasiun Balapan menuju Jakarta pukul 21.10.
B. Pukul 08,00 Kereta Api Argolawu jurusan Jakarta tiba di Stasiun Balapan.
C. Kereta Api Senja Utama Solo dari Jakarta menuju Stasiun Balapan pukul 22.36.
D. Pukul 20.00 Kereta Api Argodwipangga berangkat dari Jakarta.
23. Menurut jadwal tersebut, kereta api yang berangkat paling awal adalah kereta api..
A. Argodwipangga
B. Argolawu
C. Gajayana
D. Senja Utama Solo
24. Bacalah!
Ayah, engkau sungguh hebat
Walau bebanmu sungguh berat
Bekerja keras tak pernah penat
Kau ingin aku jadi orang hebat
Maksud puisi tersebut ialah…
A. Ayah bekerja tak mengenal waktu karena berat bebannya berat.
B. Seorang ayah yang bekerja keras karena anaknya hebat.
C. Beban berat seorang ayah karena bekerja keras.
D. Seorang ayah bekerja keras demi keberhasilan anaknya.
25. Kejuaraan pekan seni pelajar tingkat sekolah dasar sudah di ambang pintu. Rani dan Ranu diutunjuk untuk mewakili lomba cabang seni tari. Setiap sore mereka rajin berlatih di ruang kelas. Hari yang dinantikan telah tiba. Mereka menghadapi lomba dengan penuh semangat. Akhirnya, mereka berhasil meraih juara pertama dalam lomba tari itu.
Kesimpulan dari penggalan cerita di atas adalah ...
A. Rani dan Ranu berhasil menjadi juara menari.
B. Rani dan Ranu adalah sahabat satu kelas.
C. Rani dan Ranu giat berlatih menari.
D. Rani dan Ranu sama-sama kelas IV.
26. Untuk nomor 26 dan 27.
Liburan lalu kami berkunjung ke Candi Borobudur, di Kabupaten Magelang. Kunjungan itu diikuti oleh 40 siswa. Berangkat kami pukul 06.30. Banyak yang kami ketahui di sana. Salah satunya stupa Candi Borobudur.
Isi cuplikan laporan di atas adalah ...
A. Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang.
B. Belajar sejarah ke Candi Borobudur di Magelang.
C. Saat liburan berkunjung Candi Borobudur.
D. Peserta yang berkunjung sebanyak 40 siswa.
27. Sususnan kalimat bercetak miring dalam teks tersebut seharusnya ...
A. Kami pukul 06.30 berangkat.
B. Pukul 06.30 kami berangkat.
C. Kami berangkat pukul 06.30.
D. Pukul 06.30 berangkat kami.
28. Perhatikan percakapan berikut!
Rudi : “Ini tolong pegangi, Ton!”
Tono : “Untuk apa bambu ini?”
Rudi : “Memperbaiki pagar, itu!”
Tono : “Baiklah.”
Rudi : “O, ya pakunya?”
Tono : “Biar aku mengambil sekalian dengan palu.”
Rudi : “Baik aku tunggu.”
Topik percakapan di atas adalah ...
A. kerja kelompok
B. bakti sosial
C. bakti masyarakat
D. gotong royong
untuk soal nomor 29 – 31
Musim hujan telah tiba. Air tidak mudah meresap ke dalam tanah sebab banyak tanah gundul. Banjir pun melanda di mana-mana. Rumah penduduk banyak yang terendam air. Gedung sekolah juga tak luput dari banjir. Akibatnya, anak-anak sekolah tidak dapat belajar dengan nyaman.
29. Ringkasan paragraf di atas adalah ...
A. Banjir mulai melanda ketika musim hujan datang.
B. Anak-anak sekolah tidak dapat bersekolah.
C. Musim hujan menyebabkan terjadi banjir.
D. Rumah penduduk terendam air saat banjir.
30. Tema paragraf di atas adalah...
A. banjir bandang
B. musim hujan
C. hujan lebat
D. bencana melanda
31. Pesan yang terkandung dalam paragraf di atas adalah...
A. Jangan panik bila terjadi banjir.
B. Jagalah kebersihan lingkungan.
C. Sayangi hewan di sekitar kita.
D. Jangan tebangi pohon sembarangan.
Untuk nomor 32 dan 33
Untung tak dapat diraih,
malang tak dapat ditentang
Malapetaka datang tanpa diundang,
gempa datang mengguncang
Membawa nyawa beribu melayang
Baca Juga Soal Try Out UASBN Paket 3
32. Parafrase yang tepat untuk puisi di atas adalah...
A. Untung tidak bisa diraih, begitu pula malang tidak bisa ditolak. Bencana alam gempa bumi datang tiba-tiba menyebabkan banyak korban jiwa.
B. Siapa pun tidak dapat meraih untung dan menolak malang. Bencana alam datang seperti diundang. Goncangan gempa menyebabkan korban berjatuhan.
C. Untung tidak dapat diraih. Sedangkan malang harus ditentang agar bahaya tidak selalu datang seperti gempa yang membawa banyak korban.
D. Untung dapat diraih dengan berusaha. Sedangkan malang bisa ditolak agar bencana alam tidak terjadi lagi.
33. Makna kata melayang pada puisi di atas adalah ...
A. terbang tinggi
B. pergi jauh
C. meninggal dunia
D. naik ke awan
34. Petunjuk penggunaan pompa angin
1. Injak penahan keseimbangan agar pompa dalam posisi berdiri.
2. Dorong tangkai pompa ke bawah.
3. Masukkan ujung selang pompa ke lubang ban yang kempes.
4. Tarik tongkat pompa ke atas.
5. Lakukan berulang-ulang sampai ban sepeda cukup terisi angin.
Urutan petunjuk tersebut yang benar adalah adalah ...
A. 1 – 3 – 4 – 2 – 5
B. 2 – 1 – 4 – 3 – 5
C. 3 – 1 – 4 – 2 – 5
D. 4 – 2 – 3 – 1 – 5
35. Perhatikan!
1. Semua itu dilakukan karena ia bersyukur telah lulus ujian.
2. Ira membeli dua buah buku.
3. Sebuah buku cerita dan sebuah lagi buku kumpulan puisi.
4. Buku cerita dan buku puisi itu akan disumbangkan ke perpustakaan.
Agar menjadi paragraf yang baik harus disusun menjadi ....
A. 2 – 3 – 4 – 1
B. 3 – 4 – 2 – 1
C. 4 – 3 – 2 – 1
D. 4 – 2 – 3 – 1
36. Perhatikan!
Ayah mencuci mobil.
Ibu menjahit baju.
Penggabungan kedua kalimat di atas yang tepat adalah ...
A. Ayah mencuci mobil ketika ibu menjahit baju.
B. Ayah mencuci mobil jika ibu menjahit baju.
C. Ayah mencuci mobil karena ibu menjahit baju.
D. Ayah mencuci mobil meskipun ibu menjahit baju.
37. Dengan ... tali itu akhirnya terpotong juga.
A. selembar belati
B. sebuah pisau
C. sebuah sabit
D. sebilah pisau
38. ...
Kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu pada:
Hari, tanggal : Senin, 17 Februari 2012
Waktu : 08.00-selesai
Tempat : Ruang kelas VI
Acara : Rapat wali murid
...
Kalimat penutup yang tepat untuk melengkapi surat tersebut adalah....
A. Demikian surat ini, kami ucapkan beribu terimakasih.
B. Atas perhatian Bapak Ibu, kami ucapkan terimakasih.
C. Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.
D. Demikian surat ini, jika ada kesalahan kami mohon maaf.
39.
blora 17 mai 2011
Yth. Pembina Pramuka
di SD Tunas Bangsa
Salam Pramuka,
Bagian surat yang bercetak miring seharusnya ...
A. Blora, 17 Mai 2011
B. Blora; 17 Mai 2011
C. Blora 17 - Mai 2011
D. Blora, 17 Mai 2011.
40. Pengumuman.
... Sehubungan dengan hal itu, maka siswa SD KADIREJO 01 diharapkan datang ke sekolah.
Kalimat berkata depan dengan tepat untuk melengkapi pengumuman tersebut yang benar adalah ...
A. Diumumkan untuk seluruh siswa SD KADIREJO 01, dalam rangka Bulan Bahasa, sekolah akan mengadakan lomba baca puisi.
B. Diumumkan begi seluruh SD KADIREJO 01, dalam rangka Bulan Bahasa, sekolah akan mengadakan lomba baca puisi.
C. Diumumkan kepada seluruh SD KADIREJO 01, dalam rangka Bulan Bahasa, sekolah akan mengadakan lomba baca puisi.
D. Diumumkan di seluruh SD KADIREJO 01, dalam rangka Bulan Bahasa, sekolah akan mengadakan lomba baca puisi.
41. Perhatikan!
Latif :”Mengapa kemarin tidak masuk?”
Risa :”Ibu sakit.”
Sinta :”....?”
Risa :”Panas dan selalu muntah.”
Latif :”O, begitu.”
Kalimat yang tepat untuk melengkapi percakapan di atas adalah...
A. Sakit apa, Sin?
B. Sakit apa, Sa?
C. Sudah berapa hari?
D. Dimana sekarang?
42. Perhatikan!
Ratih Kumala Dewi yang lahir di Salatiga, 21 Oktober 2000 itu sangat gemar membaca. Anak Pak Hendra Hikayat ini rencananya tanggal 12 Maret 2012, akan mendaftarkan diri menjadi anggota perpustakaan umum di Jalan Mawar Bandung. Dia tinggal di Jl Diponegoro 08 Bandung.
FORMULIR PENDAFTARAN
ANGGOTA PERPUSTAKAAN UMUM
Yang bertanda tangan dibawah ini.
1. Nama : 1
2. Jenis kelamin : 2
3. Tempat tanggal lahir : 3
4. Agama : 4
5. Alamat : 5
Mohon dicatat sebagai anggota perpustakaan umum Bandung.
Berdasarkan data tersebut, nomor 1 dan 3 pada formulir seharusnya diisi dengan...
A. Ratih Kumala Dewi, Salatiga 21 Oktober 2000
B. Ratih Kumala Dewi, Bandung 12 Maret 2012
C. Hendra Hikayat, Salatiga 21 Oktober 2000
D. Hendra Hikayat, Bandung 12 Maret 2012
43. Perhatikan!
.... Kegiatan perkemahan ini merupakan ajang belajar kemandirian siswa. Oleh sebab itu saya nasehatkan kepada anak-anak agar semua dapat mengikuti kegiyatan perkemahan ini.
Kalimat yang tepat untuk mengawali teks pidato di atas adalah...
A. Kami berharap semua siswa-siswa mengikuti dengan seksama.
B. Saya mewakili para panitia-panitia mengucapkan terimakasih.
C. Saya mengharap kegiatan ini berjalan lancar tanpa halangan.
D. Sekolah kita akan mengadakan kegiatan perkemahan.
44. Perbaikan ejaan untuk kalimat bercetak miring dalam teks tersebut yaitu ....
A. Oleh sebab itu saya nasihatkan kepada anak-anak, agar semua dapat mengikuti kegiatan perkemahan ini.
B. Oleh sebab itu, saya nasehatkan kepada anak-anak agar semua dapat mengikuti kegiatan perkemahan ini.
C. Oleh sebab itu, saya nasihatkan kepada anak-anak agar semua dapat mengikuti kegiyatan perkemahan ini.
D. Oleh sebab itu, saya nasihatkan kepada anak-anak agar semua dapat mengikuti kegiatan perkemahan ini.
45. Perhatikan!
Yth. Ibu Nur Indah Susanti, S.Pd.
di Cilacap
Dengan hormat,
Dalam rangka hari ulang tahun ke-50 SD Cahaya Intan, kami akan mengadakan pentas seni. Kami mohon untuk menampilkan seni drama pada acara tersebut. Atas kesediaan mu, kami mengucapkan terima kasih.
Perbaikan penulisan bagian surat yang ditulis miring yaitu . . .
A. kesedian Ibu
B. kesediannya
C. kesediaan Anda
D. sedian kamu
46. Perhatikan!
Laporan Kegiatan
Nama Kegiatan ; penjelajahan hutan
Tujuan ; mengenal tanaman di hutan
Pembetulan penulisan bagian yang bercetak miring yang benar adalah ...
A. Nama Kegiatan ; Penjelajahan hutan
Tujuan ; Mengenal tanaman di hutan
B. Nama Kegiatan : Penjelajahan hutan
Tujuan : Mengenal tanaman di hutan
C. Nama Kegiatan : Penjelajahan Hutan
Tujuan : Mengenal Tanaman Di Hutan
D. Nama Kegiatan : penjelajahan hutan
Tujuan : mengenal tanaman di hutan
47. Perhatikan!
- Kegiatan : Mengamati kegiatan di Perpusda Cilacap
- Objek pengamatan : Perpustakaan.
- Waktu pengamatan : Selasa, 15 November 2011
- Situasi : - Perpustakaan ramai
- Minat membaca meningkat
Kalimat laporan yang sesuai data di atas adalah . . .
A. Perpustakaan di Cilacap jauh dari keramaian kota.
B. Perpustakaan ramai dikunjungi pada hari Selasa, 15 Oktober 2011.
C. Orang berdatangan ke perpustakaan untuk meminjam buku cerita.
D. Perpusda Cilacap ramai dikunjungi para peminat baca.
48. Pagar kawat pagar berduri
Berdiri kokoh menjaga taman
. . .
. . .
Kalimat yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah . . . .
A. Ayo kita bertanam melati,
agar taman menjadi nyaman.
B. Bunga mawar bunga melati,
sungguh indah menawan.
C. Belajarlah selagi dini,
jangan hanya suka berteman
D. Berjuang selalu sejak dini,
agar sukses di masa depan.
49. Perhatikan!
Paragraf yang sesuai dengan isi gambar tersebut adalah..
A. Seorang gembala meniup harmonika dengan riang gembira. Sementara ia bergembira, domba-domba itu menyebah ke mana-mana.
B. Seorang gembala sedang menggembalakan domba. Untuk menyenangkan hati, ia tiup seruling. Ia lakukan itu di bawah pohon sambil mengawasi dombanya.
C. Seorang gembala diam di bawah pohon. Ia duduk mengawasi dombanya. Tanpa terasa domba-domba itu telah jauh dan hilang ke dalam hutan.
D. Seorang gembala meniup seruling dengan hati yang sedih. Ia duduk di bawah pohon seorang diri. Ia sedih sebab seluruh dombanya hilang.
50.. . . . Di antaranya untuk penyimpanan air dan tempat hidup hewan. Selain itu juga menghasilkan kayu-kayu yang dapat dimanfaatkan untuk bahan bangunan. Hutan juga dapat menghasilkan oksigen dan menyuburkan tanah.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah . . .
A. Hutan merupakan paru-paru dunia.
B. Hutan dibutuhkan oleh manusia.
C. Hutan mempunyai banyak manfaat.
D. Hutan perlu dijaga kelestariannya.
K U N C I J A W A B A N
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Jenjang Pendidikan : Sekolah Dasar
1. C 14. C 27. C 40. C
2. B 15. A 28. D 41. B
3. D 16. D 29. A 42. A
4. C 17. B 30. B 43. D
5. D 18. D 31. D 44. D
6. A 19. C 32. A 45. A
7. A 20. D 33. C 46. B
8. B 21. A 34. C 47. D
9. C 22. A 35. A 48. D
10. D 23. B 36. A 49. B
11. B 24. D 37. D 50. C
12. A 25. A 38. B
13. D 26. C 39. A
Pencarian yang sama :
- soal usbn bahasa indonesia sd 2018/2019
- soal try out kelas 6 2018/2019 dan kunci jawaban bahasa indonesia
- soal try out sd 2018/2019 matematika
- soal try out bahasa indonesia kelas 6 2018/2019
- soal try out bahasa indonesia kelas 6 2018/2019
- soal try out sd 2018/2019 bahasa indonesia
- soal usbn sd 2018/2019
- download soal try out sd 2018/2019
Sumber : anekapendidikan.com
Sumber http://foldersoal.com
0 Response to "Contoh Soal Try Out USBN Bahasa Indonesia SD/MI Terbaru 2018/2019"
Post a Comment