MEDIA PEMBELAJARAN
FOLDERSOAL.COM - Selamat Pagi..Siang..Malam.. Masih Semangat kan?? Selamat datang di Situs kami yang paling semangat untuk berbagi soal-soal terlengkap di internet. Jangan Lupa untuk memberitahu sahabat-sahabat kalian ya tentang keberadaan situs FOLDERSOAL.COM kalau kalian terbantu dengan artikel yang dimuat pada situs kami. Belum ketemu juga soalnya? Klik icon Pencarian di sebelah kanan atas pada situs ini, ketik disitu ya.. Masih belum ketemu?? tinggalkan komentar untuk request xxx.. kami dengan senang hati menerima referensi soal-soal terbaru. Jangan lupa Berbagi ke Lainnya! Udahan ah intronya xxx
MEDIA PEMBELAJARAN |
Kerucut pengalaman Dale dan keterkaitannya dengan ide Bruner serta hubungan dengan Media Pembelajaran |
- Media pembelajaran identik dengan pengertian peragaan yang berasal dari kata “raga”, artinya suatu benda yang dapat diraba, dilihat dan didengar dan yang dapat diamati melalui panca indera.
- Tekanan utama terletak pada benda atau hal-hal yang dapat dilihat dan didengar.
- Media pembelajaran digunakan dalam rangka hubungan (komunikasi) dalam pengajaran antara guru dan siswa.
- Media pembelajaran adalah semacam alat bantu belajar mengajar, baik di dalam maupun di luar kelas.
- Media pembelajaran merupakan suatu “perantara” (medium, media) dan digunakan dalam rangka belajar.
- Media pembelajaran mengandung aspek, sebagai alat dan sebagi teknik yang erat pertaliannya dengan metode belajar.”
- Media pembelajaran identik dengan alat peraga.
- Media pembelajaran merupakan suatu sarana untuk terciptanya suatu proses pembelajaran yang dapat menunjang efektivitas keberhasilan belajar siswa.
- Media pembelajaran tidak hanya digunakan dalam kelas saja, akan tetapi tidak menutup kemungkinan digunakan di luar kelas.
- Media audio visual gerak.
- Media audio visual diam.
- Media audio semi gerak.
- Media visual gerak.
- Media visual diam.
- Media visual semi gerak.
- Media audio.
- Media cetak.
Media Pembelaran ini Bisa digunakan sebagai media Audio Visul diam maupun Gerak |
Susilana (2009:209) yang mengelompokkan media berdasarkan bentuk penyajian dan cara penyajiannya membagi media dalam tujuh kelompok yaitu (a) media grafis, bahan cetak, dan gambar diam; (b) media proyeksi diam; (c) media audio; (d) media audio visual; (e) media gambar hidup/film; (f) media televisi; (g) multi media.
- Objek.
- Model.
- Suara langsung.
- Rekaman audio.
- Media cetak.
- Pembelajaran terprogram.
- Papan tulis.
- Media transparansi.
- Film rangkai.
- Film bingkai.
- Film.
- Televisi.
- Gambar.
- Visual diam yang diproyeksi
- Visual yang tak diproyeksi
- Audio
- Penyajian multimedia
- Visual dinamis yang diproyeksikan
- Cetak
- Permainan
- Realia
- Media berbasis telekomunikasi
- Media berbasis microprosesor
- Computer assited instructional
- Permainan computer
- Interaktif
- Hypermedia
- Compact (video) disk
- Gambar
- Slide
- Film strip
- Rekaman
- Transparan
- Video tape.
- Message (pesan), yaitu informasi/ajaran yang diteruskan oleh komponen lain yang dalam bentuk gagasan, fakta, arti dan data. Termasuk dalam kelompok pesan adalah semua bidang studi/mata kuliah atau bahan pengajaran yang diajarkan kepada siswa, dan sebagainya.
- People (orang), yakni manusia yang bertindak sebagai penyimpan, pengolah dan penyaji pesan. Termasuk kelompok ini misalnya guru/dosen, tutor siswa dan sebaginya.
- Materials (bahan), yaitu perangkat lunak yang mengandung pesan untuk disajikan melalui penggunaan alat perangkat keras atau pun oleh dirinya sendiri. Berbagai program media termasuk media materials seperti transportasi, slide, film, audio, video, modul, majalah, buku dan sebagainya.
- Device (alat), yakni (suatu perangkat keras) yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang tersimpan dalam bahan, misalnya OHP, slide, video, tape recorder, dan sebagainya.
- Technique (teknik), yaitu prosedur atau acuan yang dipersiapkan untuk penggunaan bahan, peralatan, orang, lingkungan untuk menyampaikan pesan. Misalnya pengajaran terprogram/modul, simulasi, demonstrasi, tanya jawab, CBSA, dan sebagainya.
- Setting (lingkungan), yaitu situasi atau suasana sekitar di mana pesan disampaikan. Baik lingkungan fisik ruang kelas, gedung sekolah, perpustakaan, laboratorium, taman, lapangan, dan sebagainya. Juga lingkungan non fisik, misalnya suasana belajar itu sendiri, tenang, lelah, ramai dan sebagainya.
Berdasarkan hal tersebut, media pembelajaran menurut Hamalik (1994:36-37) dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
- Bahan-bahan cetakan atau bacaan (supplementary materials), berupa bahan bacaan seperti: buku, komik, koran, majalah, buletin, pamflet dan lain-lain. Bahan-bahan ini lebih mengutamakan kegiatan bacaan dan menggunakan simbol-simbol kata atau visual.
- Alat-alat audio-visual, alat-alat yang tergolong ke dalam kategori ini, terdiri atas:
- Media pembelajaran tanpa proyeksi, seperti papan tulis, papan tempel, papan flannel, bagan, diagram, grafik, poster, kartun, komik, gambar.
- Media pembelajaran tiga dimensi, alat-alat yang tergolong kepada kategori ini terdiri model benda asli, benda tiruan, boneka, topeng, dan lainnya
- Media pembelajaran yang menggunakan teknik atau mesin, alat-alat yang tergolong dalam kategori ini antara lain, slide, film, kaset rekaman, radio, televisi, laboratorium elektronik, ruang kelas otomatis, sistem interkomunikasi dan komputer.
- Sumber-sumber masyarakat berupa objek-objek peninggalan sejarah, dokumentasi, bahan-bahan makalah dan sebagainya. Dari berbagai bidang meliputi data kependudukan, sejarah, jenis kehidupan, mata pencaharian, industri, perbankan, perdagangan, pemerintah, kebudayaan, politik dan lain-lain. Untuk mempelajari hal tersebut, diperlukan berbagai metode seperti karya wisata, survei, berkemah, pengabdian sosial, praktek kerja nyata atau lapangan dan lain-lain.
- Kumpulan benda-benda (materials collection), berupa benda atau barang-barang yang dibawa dari masyarakat ke sekolah untuk dipelajari seperti, potongan kaca, potongan sendok, daun, benih, bibit, bahan kimia, dan lain-lain.
- Contoh-contoh kelakuan yang dicontohkan oleh guru, meliputi semua contoh kelakuan yang dipertunjukkan oleh guru sewaktu mengajar, misalnya, dengan tangan, kaki, gerakan badan, mimik dan lain-lain. Peragaan yang tergolong dalam kategori ini tak mungkin disebutkan satu-satu, karena sangat banyak macamnya dan sangat tergantung kepada kreasi dan inisiatif pribadi guru sendiri, tetapi pada pokoknya jenis media ini hanya dapat dilihat, didengarkan, dan ditiru oleh siswa.
- Penggunaan alat peraga dalam proses belajar mengajar bukan merupakan fungsi tambahan tetapi mempunyai fungsi tersendiri sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar yang efektif.
- Penggunaan alat peraga merupakan bagian yang integral dari keseluruhan situasi mengajar. Ini berarti bahwa alat peraga merupakan salah satu unsur yang harus dikembangkan oleh guru.
- Alat peraga dalam pembelajaran penggunaannya integral dengan tujuan dan isi pembelajaran. Fungsi ini mengandung pengertian bahwa penggunaan alat peraga harus melihat kepada tujuan dan bahan pelajaran/pembelajaran.
- Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran bukan semata-mata sebagai alat hiburan, dalam arti digunakan hanya sekedar melengkapi proses belajar supaya lebih menarik perhatian siswa.
- Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran lebih diutamakan agar siswa dapat memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh guru.
- Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran lebih diutamakan untuk mempertinggi mutu belajar dan pembelajaran. Dengan perkataan lain melalui menggunakan alat peraga hasil belajar yang dicapai akan tahan lama diingat oleh siswa, sehingga pembelajaran mempunyai nilai yang tinggi
- Penyampaian materi pembelajaran menjadi baku
- Pembelajaran menjadi lebih interaktif
- Lama waktu pembelajaran yang diperlukan dapat dipersingkat namun hasil lebih maksimal
- Kualitas hasil pembelajaran dapat ditingkatkan
- Pembelajaran dapat diberikan kapan dan di mana saja
- Sikap positif siswa terhadap apa yang mereka pelajari dan terhadap proses pembelajaran dapat ditingkatkan.
- Peran guru dapat berubah ke arah yang lebih positif.
- Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
- Tepat untuk mendukung isi pelajaran yang sifatnya fakta, konsep, prinsip, atau generalisasi.
- Praktis, luwes dan bertahan
- Guru terampil menggunakannya
- Pengelompokkan sasaran
- Mutu teknis
- Kesesuian media dengan tujuan atau kompetensi
- Kesesuian media dengan jenis pengetahuan
- Kesesuian media dengan sasaran
- Ketersediaan atau kemudahan untuk memperolehnya
- Biaya, penggunaan media dimaksud untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi pembelajaran
- Kemampuan media, untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
- Karakteristik media yang bersangkutan
- Waktu, berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengadakan atau membuat media yang akan kita pilih.
- Mutu teknis.
- Ketepatan dengan tujuan pembelajaran.
- Dukungan terhadap isi materi pmbelajaran.
- Kemudahan memperoleh sumber belajar atau media yang akan digunakan.
- Keterampilan guru dalam menggunakannya.
- Tersedia waktu untuk menggunakannya.
- Sesuai dengan taraf berpikir siswa.
- Media atau sumber belajar yang digunakan dapat meningkatkan kemampuan siswa.
- Media atau sumber belajar yang digunakan cukup memadai dengan memanfaatkan sumber belajar secara efektif.
- Isi dari media atau sumber belajar yang digunakan memenuhi syarat untuk menjelaskan materi yang akan disampaikan.
- Media atau sumber belajar yang digunakan mampu menarik perhatian siswa.
- Media atau sumber belajar yang digunakan mampu menjelaskan materi secara detail.
- Media atau sumber belajar yang digunakan telah memuat seluruh informasi yang akan disampaikan.
- Media yang digunakan sesuai dengan tujuan pembelajaran
- Media yang digunakan sesuai karakteristik materi pelajaran;
- Media yang digunakan sesuai dengan keadaan siswa;
- Kemampuan guru dalam menggunakan media;
- Media yang digunakan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa;
- Media yang digunakan bervariasi dan inovatif;
- Media yang digunakan hendaknya cukup dikenal audience (siswa) atau bersifat kontekstual.
Arif Sadiman (1993) Media Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Masih Belum Menemukan apa yang kalian cari?? Klik Icon Pencarian di sebelah kanan atas website ini.
Jangan lupa Sharing FOLDERSOAL.COM ke teman, sahabat atau keluarga anda untuk informasi mengenai soal apa aja.. atau kalian juga bisa mengirimkan kritik atau saran ataupun request soal-soal yang belum tersedia pada situs ini pada kontak yang telah disediakan pada website ini ya. Jangan Lupa Bahagia!! Good Luck!
artikel kali ini dilansir dari http://foldersoal.com
0 Response to "MEDIA PEMBELAJARAN"
Post a Comment