3 Teknik Membaca Berdasarkan Kecepatan Lengkap Beserta Penjelasannya - foldersoal.com

 Teknik Membaca Berdasarkan Kecepatan Lengkap Beserta Penjelasannya 3 Teknik Membaca Berdasarkan Kecepatan Lengkap Beserta Penjelasannya
Membaca cepat dibutuhkan ketika kita dihadapkan pada banyak pilihan bacaan untuk mendukung penelitian yang sedang kita lakukan.

Reguler Teknik Reguler 

Merupakan suatu teknik membaca yang relatif lambat, yaitu dengan membaca baris demi baris. Biasanya hal dilakukan untuk membaca buku atau laporan yang penting untuk diketahui secara menyeluruh. Membaca dengan cara seperti ini memang membutuhkan waktu cukup lama dikarenakan data yang akan kita peroleh memang sangat penting sehingga kita harus benar-benar teliti dan hati-hati.

Membaca Cepat (skimming) 

Teknik membaca cepat dapat kita lakukan saat kita sedang mencari sesuatu yang memang khusus dalam sebuah teks, contohnya saat kita mencari data di buku telepon atau kamus. Membaca dengan teknik ini dapat dilakukan jika kita telah mengetahui data yang dibutuhkan, atau untuk memahami suatu satu inti pembahasan dari sebuah bacaan yang panjang. 

Kecepatan Tinggi (warp speed) 

Merupakan teknik membaca menggunakan kecepatan tinggi tetapi disertai juga dengan pemahaman yang tinggi. Teknik membaca ini sangat efisien dan menghemat waktu, sebab kita membaca dengan cara yang sangat efektif. Kemampuan membaca dengan kecepatan tinggi ini harus sesering mungkin dilatih.
Berbagai macam teknik membaca menunjukan bahwa aktifitas membaca memang sangatlah penting dalam memperkaya informasi dan wawasan. Namun teknik ini jika digunakan untuk mendukung proses penelitian, sebisa mungkin data yang kita peroleh didapat secara efisien, dengan demikian dapat mengurangi kesalahan. 

Tingkat kecepatan teknik membaca digunakan tergantung dengan jenis bacaannya. Untuk sebuah bacaan mengenai masalah penelitian bacalah dengan cara reguler, agar kita dapat menyerap landasan teori yang akan dibuat. Sedangkan dengan teknik membaca cepat atau skimming dilakukan untuk membaca sebuah bacaan yang membahas suatu persmasalahan secara singkat. Untuk mempersingkat waktu dalam memilih sebuah bacaan, apakah relevan atau tidaknya dengan penelitian kita, lihatlah daftar isi dan proifil penulisnya. Dengan demikian kita akan memperoleh apa yang kita butuhkan dan melewati atau mengabaikan apa saja yang tidak kita butuhkan. 

Demikianlah informasi 3 Teknik Membaca Berdasarkan Kecepatan Lengkap Beserta Penjelasannya dari kami, semoga bermanfaat.

Berbagai Sumber

0 Response to "3 Teknik Membaca Berdasarkan Kecepatan Lengkap Beserta Penjelasannya - foldersoal.com"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel