Cara Paling Efektif Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Indonesia Dengan Perpustakaan Jalanan - foldersoal.com

Cara Paling Efektif Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Indonesia Dengan Perpustakaan Jalan Cara Paling Efektif Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Indonesia Dengan Perpustakaan Jalanan
Cara Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Indonesia
Salah satu Cara Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Indonesia adalah dengan mensosialisasikan manfaat dari membaca itu sendiri. Membaca adalah suatu kegiatan yang positif dan bermanfaat tentunya. Selain mensosialisasikan manfaat dari membaca kepada masyarakat Konsep Perpustakaan Jalanan juga sangat efektif untuk menumbuhkan minat baca masyarakat, di sini kami mencoba berbagi pengalaman Perpustakaan Jalanan dari Komunitas Cinta Belajar. Perpustakaan Jalanan adalah perpustakan dengan konsep  baca dan pinjam buku secara gratis. Perpustakan ini berdiri dengan tujuan agar masyarakat gemar membaca diharapkan dengan  gemarnya masyarakat untuk membaca akan melahirkan masyarakat yang kritis dan berintegritas tinggi.
Dewasa ini, membaca adalah hal yang sebenarnya mulai ditinggalkan diakui maupun tidak, dan seolah-olah membaca hanyalah tugasnya orang-orang tertentu dan juga orang-orang yang berpendidikan. Oleh karena itu kami hadir dengan niat tulus bahwa membaca adalah kebutuhan yang sangat urgent bagi siapapun, tanpa melihat kasta sosial. Dengan kesamaan niat maka kamipun sepakat untuk mendirikan sebuah wadah untuk perpustakaan jalanan ini yang mana diprakasai oleh "Soebandhiy Bandhrexs,Yudharis Ade,Ronny Erfolg (Admin Administrasi Ngajar) dan Kusnudin" yang mana mengahsilkan sebauah nama untuk komunitas ini yang bernama Komunitas Cinta Belajar atau yang bisa kami singkat dengan (KCB).
Cara Paling Efektif Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Indonesia Dengan Perpustakaan Jalan Cara Paling Efektif Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Indonesia Dengan Perpustakaan Jalanan
Perpustakaan Jalanan ini mengadakan kegiatan setiap hari minggu dari jam 14.00 WIB sampai selesai. bertempat di Desa Dukuh Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon, dan syukurnya masyarakat menyambut baik dengan kegiatan ini. Mengingat antusias masyarat yang mulai tumbuh, baik dari kalangan tua, kalangan muda, dan juga anak-anak. Koleksi buku-buku kami yang masih bisa dikatakan kurang dari cukup, Maka kami yang tergabung dalam Komunitas Cinta Belajar (KCB) berusaha dengan  mengumpulkan buku-buku yang kami peroleh  dari temen-temen yang dermawan..
Komunitas Cinta Belajar (KCB) Selain mengadakan Perpustakaan Jalanna (Baca&pinjem buku gratis) juga mengadakan les bahasa Inggris, Korea dan Jepang yang di adakan setiap hari minggu jam 08.00 s/d selesa. Yang membuat kami kagum dan bangga  adalah tutornya yang mau bekerja keras memberikan ilmunya meski tidak ada bayarannya, dan mau bersabar mengajar meski kadang yang hadir cuma segelintir.
Selain konsep Perpustakaan Jalanan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, tentunya di dukung dengan terus mensosialisasikan manfaat dari membaca untuk masyarakat.

Berikut beberapa manfaat membaca antara lain:

1. Membaca dapat membantu kita berfikir secara sistematis

Tulisan yang baik harus dapat mengikuti alur pikir yang teratur dengan demikian saat kita membacanya, kita akan mengikuti alur berpikir yang teratur tersebut. Begitupun tulisan yang tidak enak dibaca, biasanya karena bahasanya yang membingungkan, juga tidak memiliki alur berpikir yang jelas. Maka, perbanyak membaca bacaan yang bermutu, agar kita memperoleh banyak referensi yang lebih baik.

2. Membaca memberi kita informasi untuk menilai sesuatu

Membaca merupakan suatu kegiatan mencari data atau informasi. Jika kamu banyak membaca dari berbagai sumber yang berbeda, tentu kamu mungkin akan menemukan juga data yang berbeda. Nah, perbedaan inilah yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk menilai atau mengkritisi sesuatu.

3. Membaca dapat menambah wawasan dan membentuk kepribadian

Membaca membuat kita lebih banyak tahu suatu keadaan atau pemikiran seseorang. Membaca juga bisa membuat kita menyerap nilai-nilai pemikiran dari penulisnya. Kamu pun dapat mengambil banyak manfaat sekaligus belajar tentang kisah sukses dan kisah gagal orang lain.

4. Membaca bisa memberikan inspirasi dan melahirkan ide

Dengan membaca, kita akan menemukan banyak hal baru yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya. Sebelum melakukan penelitian, tentu seorang ilmuwan akan mengumpulkan berbagai data untuk diperbandingkan data satu  dengan data yang lain. Jika ada perbedaan informasi ataupun sesuatu yang dianggap sebagai masalah, seorang ilmuwan akan mencari inspirasi untuk menemukan solusinya. Ide baru akan muncul jika kita mempertimbangkan data yang diperoleh dari membaca.

Minat baca masyarakat Indonesia memang masih rendah, semoga dengan banyaknya masyarakat mengetahui manfaat dari membaca, bisa meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.

Buat saudara-saudara  yang bersimpati dengan kegiatan kami dan berminat untuk menyumbangkan buku. maka kami akan menerimanya dengan senang hati walaupun buku-buku lawas , karena sumbangan anda adalah pencerahan bagi masyarakat sekitar kami. Sumbangan saudara adalah dedikasi besar untuk bangsa kita." MEMBACA  UNTUK  INDONESIA". Buat Anda yang mau menyumbangkan bukunya bisa Anda hubungi di:+62895333395394. Bagi Anda yang jauh dari wilayah kami. Anda bisa paketkan bukunya, biaya paket kami (KCB) yang tanggung. Alamat lengkap: Ds.Dukuh, Kec. Kapetakan, Kab.Cirebon. Kode pos 45152.

Demikianlah Cara Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Indonesia, semoga bermanfaat.

Berbagai Sumber

0 Response to "Cara Paling Efektif Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Indonesia Dengan Perpustakaan Jalanan - foldersoal.com"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel